Senin, 05 Januari 2015

Provider Telekomunikasi dan Tipe Jaringannya

Telepon seluler atau yang biasa disingkat dengan sebutan ponsel memiliki istilah lain yaitu handphone, hape, hp, telepon nirkabel, telepon genggam, dan lain sebagainya.  Benda elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat telekomunikasi ini telah banyak digunakan oleh masyarakat kita.  Karena fungsinya yang sangat penting untuk berhubungan antara orang yang satu dengan yang lain, maka sekarang ini ponsel telah menjadi salah satu barang wajib nasional yang penting untuk dimiliki setiap orang.
Setiap telepon seluler atau handphone membutuhkan layanan dari suatu operator layanan telekomunikasi yang sesuai untuk dapat beroperasi dengan baik.  Di indonesia terdapat banyak operator telepon seluler resmi yang menjual layanannya dalam bentuk produk kartu perdana yang umumnya berisi nomor telepon dan juga menjual jasa komunikasi dalam bentuk suara, pesan teks tertulis, data, sambungan internet, dan lain sebagainya.  Semua operator berlomba-lomba menarik konsumen dengan berbagai cara mulai dari menawarkan tarif yang murah sampai membentuk produk khusus untuk komunitas tertentu.
Kita sebagai konsumen memang tidak ada salahnya untuk mengetahui operator telepon nasional apa saja yang ada di Indonesia.  Dari sanalah kita dapat membandingkan satu sama lain sesuai kondisi riil di lapangan sesuai daerah tempat tinggal kita.  Mana yang terbaik dapat kita pilih dan kita jadikan sebagai operator telepon utama untuk handphone kita.  Sedangkan yang lainnya dapat digunakan sebagai operator cadangan atau operator kedua untuk hape kita.
Daftar operator telepon GSM dan CDMA yang beroperasi secara resmi dan secara nasional di Indonesia :
A. Daftar Operator GSM di Indonesia (GSM 900 Mhz / 1800 Mhz)
1. Telkomsel (Kartu Halo, Kartu As, Simpati)
2. Indosat (Matrix, IM3, Mentari)
3. XL Axiata (Xplor, XL Bebas)
4. Axis Telekom Indonesia (Axis)
5. Hutchison 3 Indonesia (3 / Tri)
6. Pasifik Satelit Indonesia (Byru, Pasti)
B. Daftar Operator CDMA di Indonesia (CDMA 800 Mhz)
1. Telkom (Flexi)
2. Indosat (StarOne)
3. Bakrie Telecom (Esia)
4. Smartfren (Smartfren)
5. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Ceria)
 
 http://www.organisasi.org/1970/01/daftar-operator-telepon-handphone-gsm-dan-cdma-di-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar